Inilah Perlengkapan Kucing untuk Persiapan Melahirkan

0
405
perlengkapan kucing

Kucing seperti hewan mamalia pada umumnya akan melakukan persalinan sendiri. Banyak orang tentunya memelihara kucing dengan berbagai macam alasan. Meskipun demikian, kucing peliharaan kesayangan Anda perlu dibantu untuk mempersiapkan berbagai macam perlengkapan yang dibutuhkan. Oleh karena itu dibutuhkan referensi yang tepat untuk mengetahui perlengkapan kucing untuk persiapan melahirkan. Simak informasinya berikut ini. 

  1. Tempat untuk melahirkan

Pada saat akan melahirkan, tempatkan induk kucing di dalam kotak, kandang atau kardus sesuai dengan ukuran kucing. Tujuannya agar kucing tetap terjaga hangat dan menjaga bayi kucing tetap dekat dengan induknya setelah lahir. 

  1. Alas  

Pada saat proses melahirkan, kucing perlu di tempatkan di atas alas yang dapat menyerap darah dan air ketuban. 

Alas yang digunakan harus terbuat dari bahan yang dapat menyerap cairan seperti koran, tissue, kain bekas atau dapat menggunakan bantalan penyerap khusus. 

  1. Lampu bohlam

Tempatkan lampu bohlam 5 watt di atas tempat melahirkan dengan jarak yang tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu tubuh anak kucing yang telah lahir agar tetap mendapatkan suhu yang hangat.

  1. Benang gigi dan gunting yang sudah disterilkan 

Siapkan benang atau gunting sebagai cadangan untuk memutus tali pusar apabila induknya tidak segera memutus tali pusarnya tersebut. 

  1. Tissue atau kain bekas 

Disarankan untuk menggunakan tissue kering untuk membersihkan. Tidak dianjurkan untuk menggunakan tissue basah karena biasanya terdapat alkohol dan aroma tertentu.

  1. Sarung tangan

Untuk membantu persalinan agar lebih leluasa, Anda dapat menggunakan sarung

tangan. Sebagai referensi gunakan sarung tangan berjenis latex.

  1. Beri kucing minum dan makanan dengan nutrisi yang cukup dengan Royal Canin Mother and Baby Cat 

Kucing yang baru saja melahirkan perlu mendapatkan nutrisi lebih karena selama melahirkan mengeluarkan energi yang banyak. Nutrisi yang dikonsumsi kucing yang baru melahirkan akan mengembalikan stamina dan memulihkan kondisinya.

Itulah beberapa perlengkapan kucing yang perlu dipersiapkan ketika melakukan persalinan. Hal ini dapat Anda siapkan untuk membantu kucing kesayangan Anda  agar lebih lancar dalam proses melahirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here