Tips melatih sang buah hati agar lebih aktif bergerak

0
123

Memiliki anak yang bisa tumbuh dengan baik dan sehat merupakan impian bagi semua orang tua. Salah satu tolak ukur bahwa buah hati kita tumbuh dengan baik adalah pergerakannya yang cenderung aktif dan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Untuk memiliki buah hati seperti apa yang kita inginkan perlu adanya dukungan dari orang tuanya masing-masing.

Seperti memberikan asupan makanan yang cukup dan bergizi bagi sang buah hati juga mencari ide permainan kreatif untuk anak agar buah hatinya memiliki pergerakan yang lebih aktif. Anak yang memiliki pergerakan yang lebih aktif akan memiliki risiko mengalami obesitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan anak-anak yang malas bergerak. Akan tetapi bagi orang tua yang terlanjur memiliki anak yang pasif tidak perlu merasa khawatir karena mereka bisa mencari ide-ide kreatif agar buah hatinya bisa bergerak lebih aktif.

Berikut ini ada beberapa ide permainan kreatif untuk anak yang bisa memicu pergerakan yang lebih aktif pada si kecil. Yang pertama adalah melatih anak-anak untuk menarik ketika mendengarkan musik. Dengan memberikan contoh beberapa gerakan sederhana seperti gerakan tangan gerakan kepala hingga gerakan pinggul pada anak-anak saat mendengarkan musik akan membuat mereka lebih tertarik untuk aktif bergerak sehingga si kecil akan terbiasa melakukan pergerakan yang mampu melatih gerak motorik halus tubuhnya.

Selain menari, melakukan aktivitas permainan sederhana seperti menggunakan bola adalah salah satu cara lain yang bisa dilakukan oleh semua orang tua agar buah hatinya menjadi aktif bergerak. Permainan melempar bola maupun menendang bola bersama ayah maupun Bunda merupakan salah satu cara yang efektif untuk merangsang pergerakan anak-anak agar lebih aktif bergerak.

Ide permainan kreatif untuk anak lainnya yang bisa memancing pergerakan anak-anak agar lebih aktif bergerak adalah membaca buku. Bagi anak-anak yang kurang tertarik terhadap beberapa permainan seperti penari maupun bermain bola bisa disiasati dengan memberikan beberapa macam jenis buku anak sehingga buah hati kita bisa lebih aktif bergerak. Para orang tua bisa menemani si kecil ketika membaca dan memberikan beberapa contoh gerakan sederhana yang berkaitan dengan kosakata di dalam buku tersebut seperti melakukan gerakan loncatan Apabila ada kosakata melompat dan beberapa pergerakan sederhana lainnya. Dengan beberapa macam cara tersebut maka buah hati kita akan lebih mudah aktif bergerak sehingga bisa tumbuh dengan sehat dan memiliki kreatifitas yang cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here