5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja yang Harus Anda Coba

0
26
kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Tidak semua orang memiliki kesempatan kuliah dengan dukungan finansial yang mumpuni. Ada sebagian orang yang harus kuliah sambil kerja demi memenuhi kebutuhan hidup. Bukan sekadar bisa membayar tagihan kuliah sendiri saja, Anda yang memilih kuliah dan bekerja sekaligus bisa mendapatkan lebih banyak manfaat. 

Manfaat kuliah sambil kerja 

Kuliah sambil kerja bukan hal yang mustahil selama Anda bisa membuat daftar prioritas yang baik. Mahasiswa yang pandai mengatur waktu dengan baik bakal lebih sukses kemudian hari. Kira-kira apa saja manfaat yang bakal Anda dapatkan bila memilih keputusan kuliah dan bekerja bersamaan? Yuk, simak ulasan singkat berikut!

  1. Memiliki jaringan yang lebih luas 

Manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah memiliki jaringan dan relasi yang lebih luas dibandingkan mahasiswa yang belajar saja. Rentang karir masa depan Anda bakal lebih bagus sebab Anda memiliki koneksi di lingkungan kampus dan luar kampus. Semakin banyak koneksi yang berhasil Anda ciptakan, maka potensi karir semakin bagus sangat besar.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja
  1. Mampu meningkatkan skill 

Kuliah sembari kerja di kantor atau lembaga lain, sah-sah saja. Anda bisa meningkatkan kemampuan dalam diri lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah punya pengalaman kerja. Skill bisa lebih meningkat, wawasan semakin bagus dan kemampuan komunikasi serta mental semakin bagus.

  1. Memiliki pengalaman kerja yang lebih baik 

Saat teman-teman Anda yang baru lulus membuat portofolio untuk melamar pekerjaan, Anda punya kelebihan dibandingkan mereka. Pengalaman yang Anda lakukan selama kuliah dan bekerja sekaligus bisa menjadi nilai positif. Setidaknya Anda selangkah lebih maju dibandingkan dengan teman-teman yang lain. 

  1. Punya potensi diterima kerja lebih baik 

Pengalaman kerja di perusahaan A bisa menjadi batu loncatan agar karir Anda bisa lebih mentereng kelak. Potensi diri Anda diterima bekerja di perusahaan bonafit jelas lebih tinggi dibandingkan fresh graduate tanpa pengalaman sama sekali. 

Anda bisa mendapatkan penilaian bagus karena dianggap potensial, pekerja keras dan siap melakukan kerja sama tim yang solid. Tidak ada salahnya untuk mencoba masuk ke dunia kerja selama masih mengenyam pendidikan, asal Anda tahu prioritas mana yang harus didahulukan.

  1. Berpengaruh dalam kehidupan harian 

Menjadi mahasiswa sekaligus pekerja dalam satu waktu memang bukan hal yang mudah. Namun, tidak ada yang bisa mengubah sikap Anda selain diri Anda sendiri. Jika Anda terbiasa melakukan segalanya dengan time management yang bagus, maka kehidupan pribadi bisa berjalan selaras. 

Anda menjadi tipe orang yang tidak mudah puas dengan apa yang dicapai, pandai mengatur waktu dan keuangan, lebih konsen dalam menghargai pekerjaan, dan terbiasa disiplin sehari-hari. Sikap yang bagus selama bekerja bisa memberikan contoh konkret setelah Anda terjun ke lapangan pasca lulus kuliah kelak. 

Beberapa manfaat kuliah sambil kerja bisa Anda pertimbangkan agar bisa melakukan dua hal yang positif dalam satu waktu. Jika Anda tipe orang yang menyukai tantangan, tidak ada salahnya untuk mencoba magang di perusahaan kecil atau besar yang potensial. Pastikan Anda memilih kampus yang memberikan kebijakan dan dukungan pada mahasiswa yang memilih kuliah dan bekerja sekaligus. 

Pilih kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana atau IDS Digital College yang memberikan kesempatan kuliah dengan bimbingan formal dan non formal sekarang juga. Anda punya kualifikasi yang mumpuni agar bisa bekerja setelah lulus kuliah atau magang bekerja sebelum lulus. Tinggal pilih jurusan yang paling relevan dengan passion Anda hanya di IDS Digital College sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here