Berencana Masuk Sekolah Film? Ini yang Harus Dipelajari

0
41
sekolah film
sekolah film

Berencana masuk industri perfilman tentunya harus punya bekal dan pengetahuan dibidang itu, maka sekolah film bisa menjadi jalur yang tepat sesuai dengan minat dan bakat yang akan dikembangkan. Lantas, apa saja yang harus dipelajari di jurusan film?

Dalam dunia film banyak aspek yang harus dipelajari secara seksama, tujuannya agar bisa menghasilkan produksi film yang terbaik dan berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan industri film lainnya yang ada di dalam maupun luar negeri.

Terdapat banyak hal yang harus dipelajari salah satunya sistem produksi, anda bisa mempelajari ini di sekolah film International Desihn School (IDS). Untuk lebih lengkapnya, berikut hal apa saja yang harus dipelajari di IDS..

Producing

Apabila anda masuk jurusan film di IDS, maka hal pertama yang harus dipelajari tentang dasar-dasar produksi audio visual. Mempelajari workflow dari pra-produksi hingga dasar utama pasca-produksi, sistem dan manajemen produksi.

Anda bisa mengenal sistem dari peran asisten Sutradara hingga Produser Pelaksana, hal kni berhubungan dengan mengatur jadwal produksi, mangatur call sheets, hingga mempelajari buku administrasi produksi.

sekolah film

Screenwriting

Hal wajib yang harus dipelajari kuliah di IDS selanjutnya, anda akan diajarkan tentang penulisan skenario film, membedah teori dasar film yang dibuat, hingga membangun ide dasar film.

Selain itu, anda haru mengerti dasar pemetaan cerita film, premis, struktur tiga babak dan logline. Hal ini bertujuan agar anda bisa membuat skenario film dengan dasar yang kuat sehingga bisa bersaing dengan produksi film lainnya.

Film History

Di International Design School, anda akan mengenal sejarah film di dunia maupun di Indonesia. Peralatan apa saja yang digunakan saat era itu hingga membentuk sebuah film hingga teknologinya.

Mempelajari sejarah film bisa menjadi modal dasar dalam melakukan inovasi, maka sejarah-sejarah tersebut akan diteliti oleh mahasiswa mulai dari teknologi, sosial dan budaya, hingga ekonomi industri.

Cinematography

Apabila ingin menjadi bagian dari produksi film, maka harus terlebih dahulu mengenal sejarah dari kamera, mulai dari jenis kamera dan peran seorang panata kamera, tujuannya agar mengetahui konsep visual dari sebuah film.

Dalak mata kuliah cinematography, anda akan mendapatkan teori konsep visual, membaca storyboard, dan dasar penggunaan kamera. Termasuk dalam membuat konsep visual dari script hingga melakukan eksekusi produksi.

The Tool of Director

Hal yang akan dipelajari di sekolah perfilman di International Design School yaitu terkait peranan dari seorang Sutradara, mencakup pembuatan script breakdown, pembedahan storyboard, dan breakdown karakter.

Selain itu, anda akan belajar mengenai konsep dasar akting untuk mengarahkan pemain film, membuat konseo visualisasi, dan mengeksekusi pembedah script, hingga film dapat di produksi dengan baik dan berkualitas.

Berencana Sekolah Perfilman?

Apabila anda tertarik masuk jurusan sekolah film di International Design School, hal-hal diatas yang akan dipelajari untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan terbaik, mulai dari proses produksi hingga membuat konsep dan ide cerita yang menarik.

Selain itu, anda juga akan mempelajari tentang metode merekam suara yang berkualitas, hingga belajar editing video dengan mempelajari software editing, serta hal-hal yang berkaitan dengan produksi film akan ada pelajari di IDS.

Terjun ke dunia film tentunya bukan perkara yang mudah, harus mengenal dan mempelajari terlebih dahulu konsep dasar hingga faktor apa saja yang membuat film menjadi menarik. Maka semua itu bisa dipelajari di sekolah khusus film.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here