Menilik Digital Forensik Cyber Security Indonesia

0
25
Cyber Security Indonesia
Cyber Security Indonesia

Terkadang kita bingung ingin kemana melanjutkan studi dan akan menjadi apa ketika besar nanti. Bagi kamu yang masih bingung, ada salah satu profesi yang unik, langka namun sangat dibutuhkan di zaman sekarang, yaitu bekerja sebagai seorang cyber security. Beberapa kampus telah menerapkan dan membuka jurusan ini seperti di kampus IDS Digital Collage. Kemajuan teknologi membawa kita semakin dekat dengan dunia teknologi, terlebih internet.

Internet seolah telah menjadi suatu kebiasaan bahkan telah berubah menjadi kebutuhan pokok manusia di zaman sekarang. Internet memang memudahkan berbagai macam urusan kita. Mulai dari bisnis, pengetahuan, jasa dan sebagainya. Namun di balik itu semua selalu ada celah untuk para penjahat melakukan aksinya. Melalui internet, beberapa penjahat seperti penipu maupun hacker dapat melancarkan aksi mereka.

Dengan adanya cyber security, kejahatan berbasis internet dapat dihindari. Beberapa perusahaan hingga di lingkup pemerintahan memerlukan adanya keterlibatan cyber security. Kehadiran digital forensik akan sangat membantu untuk melacak tindakan kriminal yang dilakukan oleh pelaku kejahatan dunia cyber security Indonesia. Tapi sebenarnya, apa itu digital forensik? Berikut ulasannya.

Cyber Security Indonesia
Cyber Security Indonesia

1.  Pengertian Singkat Digital Forensik

Digital forensik merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari keterkaitan bukti-bukti yang terdapat di komputer atau di media penyimpanan digital. Cabang keamanan informasi ini membantu dalam hal penyidikan terutama untuk kasus-kasus kejahatan yang melibatkan dunia digital dan internet, seperti kasus penipuan, dan pencurian uang melalui internet. 

Beberapa kasus kejahatan dunia digital melalui hacker pun juga dapat diinvestigasi melalui cabang ilmu forensik ini. Secara jelas, tujuan dari adanya digital forensik ini adalah untuk mencari dan memeriksa media digital secara forensik dengan tujuan seperti menganalisa, mengidentifikasi, mengobservasi serta menyajikan berupa temuan-temuan atau fakta terkait informasi digital.

2. Pendekatan atau Langkah Kerja Seorang Digital Forensik

Tentunya seorang digital forensik diperlukan untuk menginvestigasi suatu tidakan kriminal dalam dunia maya. Mereka akan bertugas untuk memeriksa data pada komputer dan jika diperlukan mereka akan melakukan pemulihan data saat para pelaku kriminal telah menghapus jejak pada internet dan komputer yang mereka gunakan. Hal ini digunakan sebagai salah satu bukti dalam penuntutan pidana. 

Setelah seorang digital forensik menemukan data, langkah selanjutnya yaitu melakukan pengujian data. Pengujian data yang dimaskud adalah memilah dan melakukan penilaian terhadap berbagai macam informasi yang sesuai atau berkaitan dengan tindakan terpidana. Kemudian analis digital forensik akan melakukan analisa data, mulai dari mengidentifikasi pengguna terkait siapa saja yang telibat dalam aksi tindak pidana tersebut, waktu dan lokasi kejadian, serta perangkat yang digunakan. 

Analis digital forensic kemudian akan memproses hal itu semua supaya informasi yang didapatkan saling terkoneksi secara utuh hingga mendekati suatu kesimpulan. Mereka nantinya akan menyampaikan laporan yang merujuk pada kesaksian di pengadilan terkait bukti-bukti dan laporan yang mereka temukan. Kerennya lagi, memiliki profesi sebagai digital forensic juga bisa disebut sebagai detektif digital. 

3.  Besarnya Tanggung Jawab dan Pendapatan Gaji Seorang Digital Forensik 

Pada tahun 2018 silam, menurut laporan yang diberikan oleh US BLS atau biro statisik tenaga kerja di Amerika Serikat, gaji tahunan seorang digital forensik jika dirupiahkan mencapai angka Rp. 1,2 milyar rupiah. Diungkapkan pula jika dihtung berdasarkan jam, gaji atau pendapatan mereka menyentuh angka Rp. 500.000 perjamnya. Tentunya gaji tersebut merupakan gaji yang cukup besar. Namun dibalik besarnya nilai gaji yang didapatkan, terdapat pula suatu tanggung jawab yang besar juga di dalamnya. 

Pemberian gaji besar tersebut sangatlah wajar dikarenakan profesi ini termasuk dalam profesi pekerjaan yang langka namun sangat dibutuhkan di zaman sekarang. Terlebih di Indonesia, masih sangat sedikit orang yang berprofesi sebagai seorang digital forensik profesional, padahal profesi ini sangat di perlukana untuk menangani cyber crime yang sudah marak terjadi di Indonesia.

Setelah mengetahui fakta nya, bagi kamu yang berminat menjadi digital forensik dan terjun ke dunia cyber security Indonesia, kamu dapat mengambil jurusan cyber security Indonesia di IDS College.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here