5 Tips Mengajarkan Anak Menyukai Air Putih

0
1000
air putih

Anak kerap sekali jajan minuman yang manis tanpa kita ketahui, sirup yang berwarna – warni kerap menggoda mereka. Padahal bahaya zat pewarna mengintai di dalam nya. 

Tips Agar Anak Suka Air Putih 

Air putih merupakan cairan terpenting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 80%tubuh memerlukan cairan, terutama untuk anak – anak. Oleh sebab itu, Pentingnya mengedukasi anak agar suka minum. Berikut tipsnya:

air putih
Air putih
  1. Memberikan gelas dengan karakter yang menarik, yang dapat memberikan kemungkinan anak untuk lebih banyak minum dengan gelas yang disukainya. 
  2. Membiarkan anak beraktivitas lebih. Aktivitas fisik meliputi berlari bersama teman – temannya atau bermain petak umpet. 
  3. Menyediakan air minum di tempat yang terjangkau, menyediakan dispenser di tengah rumah misalnya  
  4. Mengedukasi anak akan pentingnya minum, serta kerugiannya apabila terjadi dehidrasi. 
  5. Selalu membawa air minum pada setiap aktivitas anak. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan pada anak agar menyukai minum. Jangan memaksa anak untuk melakukan sesuatu yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, tips di atas dapat dicoba sebagai salah satu cara untuk membuat anak menyukai minum air putih.

Membiasakan Anak Untuk Minum Dari Sejak Dini 

Biasakan anak untuk minum dari sejak dini merupakan langkah pertama agar anak terbiasa minum. Orang tua wajib untuk mengawasi aktivitas anak yang satu ini, agar tidak mudah tergoda untuk minum minuman sirup yang membahayakan. 

Apabila ke sekolah selalu menyiapkan minuman pada anak dengan karakter yang lucu, sehingga anak akan menyukainya dan mengingatnya untuk selalu minum. Dengan demikian, anak tidak lagi tergoda untuk meminum minuman yang tidak sehat. 

Anak bila tidak diawasi akan membeli minuman secara sembarangan yang tidak terjaga kebersihannya. Karena mereka hanya mementingkan untuk menghilangkan rasa haus saja serta mengesampingkan manfaat air tersebut, terutama bagi kesehatan. 

Demikian, tips agar anak minum air. Pentingnya menjaga kesehatan anak – anak adalah nomor satu bagi keluarga. Keluarga yang sehat  dapat lebih menjalani aktivitas harian dengan baik. Karena dehidrasi kerap mengganggu aktivitas tersebut. Oleh karenanya, jangan sampai terjadi dehidrasi yang justru dapat membahayakan kesehatan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here