Sejarah Singkat Marihad Simbolon

0
51
Marihad Simbolon
Marihad Simbolon

Menggali ilmu bisnis dari pengusaha sukses merupakan hal yang bermanfaat. Salah satu kisah sukses yang inspiratif kini datang dari pengusaha sukses, yaitu Bapak Marihad Simbolon, atau yang akrab dengan panggilan Pak Sim. Beliau adalah seorang pengusaha yang sukses mendirikan perusahaan Parna Raya Group, yaitu perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang industri, mulai dari perkebunan kelapa sawit, bahan bakar, pengaliran gas melalui pipa, perhotelan, petrokimia, transportasi, dan perdagangan umum.

PT. Parna Raya yang didirikan oleh Pak Sim, mulai beroperasi pada tahun 1972. Awal mula bisnis dari perusahaan tersebut adalah transportasi yang diawali hanya dengan 1 unit truk saja. Saat itu, truk yang Pak Sim miliki, digunakan untuk mengangkut barang-barang dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. Selama beberapa tahun lamanya, beliau pun kemudian sukses dalam bisnis transportasinya dan berhasil membeli ratusan truk yang melayani pengangkutan.

Setelah sukses pada bisnis transportasi darat, kemudian beliau pun mulai melebarkan sayap dengan melakukan ekspansi besar-besaran pada bisnisnya, yaitu membeli 3 buah kapal untuk pengangkutan pupuk urea dan semen secara massal. Penambahan armada laut ini menjadi langkah besar bagi PT. Parna Raya pada saat itu. Transportasi adalah bidang industri yang menjadi embrio bagi perusahaan Parna Raya Group. Setelah sukses di bidang transportasi, kemudian Bapak Marihad Simbolon mulai melirik beberapa bisnis lain. Salah satunya adalah bisnis petrokimia, dengan mendirikan sebuah pabrik amoniak di Kalimantan Timur, yaitu PT. Kaltim Parna Industri.

Pabrik amoniaknya mampu menghasilkan 500 ribu mt lebih per tahunnya. Pendistribusian amonia milik KPI pun meliputi berbagai daerah, mulai dari domestik hingga mancanegara. Amoniak sendiri merupakan bahan yang biasa digunakan untuk keperluan industri, hingga sebagai bahan pembuatan pupuk urea. Setelah sukses membangun KPI, beliau pun mendirikan beberapa anak-anak perusahaan lainnya yang saat ini tersebar hingga ke berbagai daerah. Namun, pusat perusahaan tetap berada di Jakarta.

Itulah kisah inspiratif dari Bapak Marihad Simbolon sebagai pendiri PT. Parna Raya Group. Dari kisahnya, kita bisa belajar banyak hal, khususnya dalam bidang bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here