Perhiasan Tradisional Khusus Daerah Kepulauan Sumatera

0
91
Perhiasan Tradisional
Perhiasan Tradisional

Indonesia sangat kaya akan budaya dan adat istiadatnya. Di antara sekian banyak budaya dan adat istiadat tersebut, salah satu yang sering dilakukan yaitu mengadakan upacara adat maupun upacara pernikahan. Pakaian maupun perhiasan tradisional selalu digunakan pada acara tersebut.

Pakaian dan perhiasan ini memiliki nilai lebih bagi yang memakainya, khususnya digunakan untuk upacara adat setempat. Kesan berharga pada pakaian dan perhiasan tradisional ini, terletak pada kesan sakral karena diwariskan turun temurun dari nenek moyang pendahulunya.

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dari pakaian dan perhiasan yang disakralkan tersebut. Daerah Kepulauan Sumatra adalah salah satunya.

1. Sumatera Utara

Sumatera utara memiliki wilayah dengan khas tradisional yang mendunia, yaitu salah satunya Batak. Masyarakat Batak sangat menghargai perhiasan yang diwariskan secara turun temurun. Bahkan, kepercayaan masyarakat Batak sangat begitu menghormati seseorang yang berprofesi sebagai pengrajin logam perhiasan.

Adat istiadat masyarakat Batak, sekarang ini terbagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah Batak Karo, Toba, Simalungun, Pakpak Dairi, dan Mandailing. Masing-masing masyarakatnya memiliki simbol dan ciri khas tersendiri dari perhiasan yang dipakainya.

Perhiasan lokal masyarakat Batak antara lain, padung, udeng-udeng, anting-anting, dan sibong.

2. Sumatera Barat

Perhiasan berikut pakaian tradisional masyarakat di wilayah Sumatera Barat bisa Anda temukan ketika momen pernikahan atau upacara adat setempat. Perhiasan yang paling populer di Sumatera Barat, yaitu Suntiang Anak Daro. Perhiasan tersebut berupa mahkota yang dibuat dengan desain yang apik dari bahan emas lokal.

Ada pula perhiasan lokal jenis lainnya, seperti bentuk gelang dan kalung. Untuk perhiasan jenis kalung, terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah kalung kaba, daraham, manik pualam, parada, dukuh panyiram, dan daraham. Sementara untuk perhiasan jenis gelang, di antaranya adalah gelang rago-rago, ula, bapahek, kunci maliek, basa, dan lain-lain.

4. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan adalah tempat kerajaan Sriwijaya. Peninggalan kerajaan tersebut bisa kita saksikan pada keunikan budaya lokal dan pakaian serta perhiasan tradisionalnya.

Adapun jenis perhiasan tersebut antara lain, kembang goyang, kembang kenanga, dan kelapo standan. Perhiasan ini lebih terkesan tradisional ketika dipadukan dengan pakaian adat setempat yang berwarna keemasan.

Itulah perhiasan tradisional khusus daerah Kepulauan Sumatera yang masih terjaga keasliannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here