Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini

0
24
kesehatan anak usia dini
kesehatan anak usia dini

Dibandingkan kesehatan orang dewasa, kesehatan anak usia dini biasanya lebih mudah terserang penyakit, apalagi saat musim pancaroba seperti saat ini, maka ada beberapa jenis gangguan penyakit yang biasanya dirasakan seperti sakit tenggorokan, batuk, demam, diare, dan lainnya.

Anak juga lebih mudah sakit karena ia tidak memiliki pemahaman dalam menjaga kesehatan, seperti senang bermain dengan teman atau saudaranya yang sedang sakit sehingga tertular, atau minum es dan makan permen saat sakit batuk, dan lainnya. Sebagai orang tua, anda-lah yang harus mampu menjaga kesehatan anak dengan berbagai langkah sederhana namun penting untuk dilakukan.

Seperti berikut ini kami paparkan tips menjaga kesehatan buah hati :

1. Jaga pola makan anak

Faktor asupan makanan sangat menentukan kesehatan anak. Agar kesehatan anak selalu terjaga, pastikan anak tidak memakan makanan yang tidak baik untuk tubuh dan berikan makanan yang diperkaya manfaat dari nilai gizi dan vitamin di dalamnya seperti buah, sayur, dan jenis makanan sehat lainnya. Saat anak pergi sekolah, anda pun harus memberikan bekal makanan sehat untuk anak agar anak tidak jajan sembarangan di sekolah dengan jajanan yang tidak terjamin kebersihannya.

2. Pastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup

Jika anak kurang tidur, biasanya ia akan lebih rewel dan memiliki mood yang buruk. Selain itu, kesehatannya pun akan terganggu karena daya tahan tubuhnya melemah. Untuk memastikan kesehatan anak tetap baik, maka anda harus memenuhi kebutuhan waktu istirahat anak dengan mengkondisikan waktu istirahat di siang hari minimal selama 1 jam, dan 8 jam di malam hari agar tubuh bisa mengembalikan energi yang terpakai saat beraktivitas.

3. Jaga kebersihan lingkungan anak

Virus dan bakteri yang terdapat dari lingkungan anak bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui tangan sebagai agen utama perpindahan kuman atau makanan yang masuk ke dalam tubuh. oleh karenanya, anda harus bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan mengepel lantai secara rutin setiap hari, mengganti sprei tempat tidur minimal 2 minggu sekali, dan lainnya.

Demikianlah 3 langkah mudah menjaga kesehatan anak usia dini, semoga bermanfaat.